Airustic

Percantik Interior Rumah dengan Furniture dari Kayu Jati Belanda

Percantik Interior Rumah dengan Furniture dari Kayu Jati Belanda

Berbicara mengenai hunian impian tentu tidak terlepas dari interior rumah. Tidak hanya mempercantik tampilan luar rumah saja, sebab bagian dalam atau interior sangat penting. Karena menyangkut kenyamanan dari para penghuni.  

Interior tentu tidak jauh dari penggunaan furniture dan dekorasi untuk mempercantik tampilan interior itu sendiri. Selain memperhatikan desain atau model tentu anda juga akan memperhatikan bahan yang digunakan. Dan salah satu bahan yang sering digunakan ialah kayu jati Belanda.

Apa itu kayu jati Belanda?

Kayu ini tidak berasal dari belanda asli. Belanda hanya sebuah nama, karena kayu jati Belanda adalah  jenis kayu jati memang banyak tumbuh di negara Belanda, Jepang, Jerman, dan juga Indonesia. Penamaan ini dimana pada masa penjajahan orang Belanda menggunakan kayu ini untuk membungkus paket untuk dikirim ke luar negeri dan masyarakat Indonesia mengasosiasikan  jika luar negeri adalah Belanda. Sehingga disebutlah dengan kayu jati belanda.

Kayu jati Belanda sendiri bukanlah kayu jati, melainkan kayu pinus. Jadi tidak heran kenapa kayu jati Belanda murah jika dibandingkan dengan kayu jati sebenarnya. Meski murah kayu jati Belanda memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lain untuk dijadikan bahan utama dalam membuat dekorasi ataupun furniture. Apa saja kelebihannya? Ini dia :

1.      Memiliki bobot yang lebih ringan

Kayu jati Belanda memiliki bobot yang ringan dibanding dengan jenis kayu lainnya. Jadi saat dijadikan barang-barang furniture yang terbuat dari kayu akan menjadi lebih mudah untuk anda pindahkan. 

2.      Memiliki warna yang terang

Furniture atau dekorasi berbahan kayu jati belanda cenderung memiliki warna yang terang. Sehingga akan sangat mudah dipadu padankan dengan perabotan lainnya yang ada di rumah anda. Jadi jika anda sedang memilih dekorasi, cari dekorasi dengan bahan kayu jati Belanda.

3.      Harga yang lebih murah

Seperti yang telah kita singgung di atas, dekorasi dengan kayu jati belanda atau kayu pinus lebih murah dibanding kayu lain. Ini karena pohon pinus memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan kayu jati. Ditambah kayu pinus tidak mengenal dengan musim dan juga tempat untuk tumbuh. Sehingga para petani memberi harga pinus lebih murah.

4.      Memiliki daya tahan yang bagus

Meskipun memiliki bobot yang ringan dan harga yang murah, namun kualitasnya tidak murahan. Daya tahan dari kayu belanda sangatlah baik. Kayu jati belanda tahan air, tahan guncangan, tahan terhadap benturan sehingga tidak mudah rusak jika digunakan sebagai furniture atau dekorasi ruangan.

5.      Lebih ramah lingkungan

Karena sifatnya yang mudah tumbuh, kayu jati belanda sangat ramah lingkungan karena akan mudah digantikan oleh pohon pinus yang berumur lebih muda. Jadi penggunaan kayu pinus secara besar-besaran untuk industri tidak akan merusak habitat alami sebab pohon pinus lainnya akan tumbuh kembali dan hutan akan tetap asri. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat